Profil

Sejarah dan Perkembangan
Sejarah dan Perkembangan

Pembentukan program Teknik Kelautan dimulai pada tahun 1985 seiring dengan perkembangan dari Program Sarjana Baru Teknik Kelautan yang didanai oleh Proyek Bank Dunia XVII. Program Teknik Kelautan kemudian didirikan pada tahun 1994 sebagai program di bawah Departemen Teknik Sipil. Pada tahun 2006, setelah reorganisasi Institut Teknologi Bandung (ITB), Teknik Kelautan dipisahkan dari Departemen Teknik Sipil dan menjadi program tersendiri di bawah Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) yang terdiri dari tiga program: Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, dan Teknik Kelautan. Sejak tinjauan umum terakhir pada 2011, FTSL telah menambahkan dua program sarjana baru: Sumber Daya Air Teknik dan Manajemen, dan Teknik Infrastruktur Lingkungan. Program Teknik Kelautan memiliki lulusan sarjana pertamanya pada tahun 1998 dan hingga sekarang telah meluluskan 650 alumni.

Pada masa awal berdirinya, Program Studi Teknik Kelautan menitikberatkan studinya pada kompetensi bidang Teknik Pantai. Namun berdasarkan hasil evaluasi kurikulum yang berlangsung pada 2013, cakupan kompetensi ini kemudian berkembang menjadi Teknik Pantai, Teknik Lepas Pantai, Teknik Perkapalan, dan Manajemen Sumber Daya Kelautan.

Sejarah berkembangnya Teknik Kelautan ITB ini tidak terlepas dari peran seorang pendirinya, yaitu Prof. Ir. Hangtuah Salim, M.Oc.E., Ph.D. (Alm).

Prof. Ir. Hangtuah Salim, M.Oc.E., Ph.D. (Alm)

Research Interests:
Nearshore Processes, Random Waves, and Hydraulics.
Email Address:
1. hangtuah@ocean.itb.ac.id
2. Tuah@melsa.net.id