Tentang Kami

Profil

Program Studi Teknik Kelautan didirikan untuk mempersiapkan agar para lulusannya dapat menguasai kompetensi dan mampu berkompetisi di tingkat nasional, regional, dan internasional. Pendidikan Teknik Kelautan ITB memberikan bekal keilmuan (Body of Knowledge – BoK)) yang mencakup ilmu dasar sains dan matematika, ilmu dasar rekayasa, profesionalisme, aplikasi, dan perancangan (rancang bangun) bidang Teknik Kelautan yang meliputi prinsip-prinsip gelombang laut, akustik bawah air, perlindungan pantai, struktur pantai, struktur lepas pantai, geomekanik laut, pelabuhan, pemodelan laut, pengelolaan pesisir dan lingkungan laut, energi laut, dan desain rekayasa laut. Secara struktural bidang keilmuan dari Program Studi Teknik Kelautan ditunjukkan pada Gambar 3. Ilmu dasar & matematika serta ilmu rekayasa dasar yang diberikan adalah ilmu yang sesuai dengan bidang Teknik Kelautan dan menunjang kemampuan aplikasi, perancangan, dan profesionalisme bidang Teknik Kelautan.

Dengan pembekalan keilmuan tersebut, lulusan pendidikan Program Sarjana Teknik Kelautan diharapkan mampu menguasai ilmu dasar untuk dapat terjun dalam dunia kerja ataupun mengikuti pendidikan lanjut melalui penguasaan tingkatan penguasaan ilmu yang menonjol berupa knowledge yang diikuti oleh comprehension, application, dan analysis. Gambar ini menggambarkan tingkatan penguasaan ilmu dari program sarjana dibandingkan dengan program magister Teknik Kelautan.

Body of Knowledge Kurikulum 2019 Prodi S1 Teknik Kelautan

Visi & Misi

Visi

”Menjadi institusi pendidikan tinggi Teknik Kelautan yang terdepan di Indonesia dan terpandang di dunia internasional, yang berperan aktif ikut menghantarkan masyarakat Indonesia menjadi bangsa bersatu, berdaulat, dan sejahtera.”

Misi

  • Memandu perkembangan dan perubahan yang dilakukan masyarakat melalui kegiatan pendidikan yang inovatif, bermutu dan tanggap terhadap perkembangan global dan tantangan lokal dalam bidang Teknik Kelautan.
  • Menyelenggarakan pendidikan program sarjana maupun pasca sarjana Teknik Kelautan yang berbasis penelitian dan pengembangan guna menghasilkan lulusan yang profesional, unggul dan inovatif, serta mempunyai kapasitas kepemimpinan akademik, industri dan nasional yang handal dan bermartabat.
  • Mempersiapkan lulusan untuk dapat bekerja dalam bidang rekayasa, melakukan penelitian, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, memahami hakikat pendidikan sepanjang hayat dan pengembangan kemampuan profesional.sidebarMenu

Tantangan yang Dihadapi

Beberapa tantangan yang akan dihadapi Program Studi Teknik Kelautan dalam satu dekade mendatang adalah:

  1. Indonesia merupakan negara bahari yang memiliki banyak potensi kelautan untuk dikembangkan sehingga memerlukan sumberdaya manusia dalam bidang Teknik Kelautan yang menguasai teknologi yang berbasis pada infrastruktur dan lingkungan fisik laut.
  2. Posisi Indonesia yang merupakan pertemuan dari tiga lempeng tektonik yang menyebabkan wilayah Indonesia menjadi rawan terkena bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami. Hal ini menuntut bangsa Indonesia untuk terus mengembangkan ilmu dan teknologi untuk memprediksi dan mencegah dampak buruk bencana bagi masyarakat yang salah satunya dilakukan melalui pengembangan ilmu dan teknologi bidang Teknik Kelautan.
  3. Adanya bahaya pencemaran laut akibat eksploitasi kekayaan laut yang berlebihan, sehingga diperlukan pengembangan bidang kelautan untuk melakukan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pemanfaatan sumberdaya laut secara optimal dan berkelanjutan.
  4. Kegiatan eksplorasi migas di Indonesia yang bergerak ke arah laut-dalam yang harus diimbangi oleh kemajuan di bidang teknologi bangunan lepas pantai.
  5. Kebutuhan energi yang terus meningkat dan melebihi produksi migas sehingga diperlukan sumber energi baru yang dapat dikembangkan dari pemanfaatan energi arus laut, angin, dan gelombang sebagai sumber energi alternatif.
  6. Kecenderungan dunia yang semakin menyatu karena berlakunya pasar bebas akan membutuhkan dukungan transportasi laut yang harus ditunjang oleh infrastruktur kelautan.
  7. Munculnya masalah global warming yang menimbulkan banyak permasalahan lingkungan termasuk lingkungan laut sehingga memerlukan dukungan perkembangan ilmu dan teknologi bidang Teknik Kelautan untuk mengurangi, memprediksi, dan mencegah dampak buruk yang timbul akibat global warming tersebut pada lingkungan laut.

Tujuan Pendidikan dan Capaian Lulusan

  1. Tujuan Pendidikan
    Tujuan Pendidikan dari Program Studi Sarjana Teknik Kelautan adalah untuk menciptakan lulusan yang:
    1. Bekerja sebagai praktisi profesional di dalam bidang khusus pada rekayasa kelautan yang mencakup: akustik bawah air, perlindungan pantai dan lingkungan laut, struktur pantai, struktur lepas pantai, pelabuhan, pemodelan laut, pengelolaan pesisir dan lingkungan laut, dan desain rekayasa kelautan.
    2. Bekerja secara profesional dan siap melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di bidang Teknik Kelautan.
    3. Berperilaku santun, memberikan kontribusi kepada masyarakat, dan siap meraih keberhasilan di berbagai dunia kerja baik dalam skala nasional maupun internasional.

  2. Capaian (Outcome) Lulusan
    Kriteria capaian lulusan menjadi dasar utama dalam perencanaan Kurikulum 2019 ITB. Seluruh Program Studi di lingkungan ITB termasuk di dalamnya Program Studi Teknik Kelautan menyusun kriteria yang ingin dicapai oleh lulusan setelah menyelesaikan pendidikan di program studi. Kriteria capaian lulusan program studi akan menjadi dasar bagi isi dan pelaksanaan kurikulum 2019.
    Setelah menempuh pendidikan di Program Studi Sarjana Teknik Kelautan, seorang lulusan dari Program Studi Sarjana Teknik Kelautan ITB harus memiliki:
    1. Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah rekayasa yang kompleks dengan menerapkan prinsip rekayasa, sains, dan matematika.
    2. Kemampuan untuk menerapkan prinsip desain rekayasa untuk menghasilkan solusi yang memenuhi kebutuhan tertentu dengan mempertimbangkan kesehatan masyarakat, keselamatan, dan kesejahteraan, serta faktor-faktor global, budaya, sosial, lingkungan dan ekonomi.
    3. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan berbagai audiensi.
    4. Kemampuan untuk mengenali tanggung jawab etika profesi dalam situasi rekayasa, dan membuat penilaian yang mempertimbangkan dampak solusi rekayasa dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan kemasyarakatan.
    5. Kemampuan untuk berfungsi secara efektif dalam sebuah tim yang anggotanya secara bersama-sama melatih kepemimpinan, menciptakan lingkungn yang kolaboratif dan inklusif, menetapkan tujuan, merencanakan tugas, dan mencapai tujuan.
    6. Kemampuan untuk mengembangkan dan melakukan eksperimen yang tepat, menganalisis dan menginterpretasikan data, dan menggunakan penilaian rekayasa untuk membuat kesimpulan.
    7. Kemampuan untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan baru sesuai kebutuhan, menggunakan strategi pembelajaran yang tepat.

Akreditasi dan Standar Kurikulum

Kurikulum Program Studi Teknik Kelautan mengacu pada kriteria yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi internasional ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) Inc., USA. Dalam dokumen yang dimiliki oleh ABET, terdapat standar kurikulum program studi teknik termasuk di dalamnya Teknik Kelautan. Selain mengacu kepada standar kurikulum ABET, Kurikulum 2019 Teknik Kelautan juga mengacu pada body of knowledge kurikulum yang dikeluarkan oleh American Society of Civil Engineers (ASCE). Program Studi Teknik Kelautan memperoleh akreditasi internasional dari ABET pada bulan Agustus 2011 yang kemudian diperbarui pada tahun 2016. ABET Inc. adalah badan akreditasi untuk program studi bidang rekayasa dan teknologi di USA dan seluruh dunia. Semua program studi teknik terkemuka di USA diakreditasi oleh ABET. Badan Akreditasi ini didirikan sekitar tahun 1930-an, ABET adalah organisasi nirlaba independen (bukan badan pemerintah), sebuah federasi dari 32 ikatan ahli teknik profesional dan representasi dari sekitar 1,8 juta praktisi profesional. ABET mengakreditasi program studi dan bukan institusi.

Sertifikat Akreditasi Unggul BAN-PT. Download

 

Akreditasi ABET. Cek disini

 

Struktur Kurikulum

Secara garis besar, Kurikulum Program Studi Sarjana Teknik Kelautan terbagi atas dua tahap, yakni:

    • Tahun Pertama Bersama                      : 2 semester, 36 sks
    • Tahap Sarjana                                         : 6 semester, 108 sks
        • Wajib                                            : 93 sks
        • Pilihan                                          : 15 sks (minimal 3 sks dari luar dan minimal 9 sks dari dalam)
    • Total                                                         : 8 semester, 144 sks
        • Wajib (termasuk wajib jalur)    : 129 sks
        • Pilihan                                          : 15 sks (minimal 3 sks dari luar dan minimal 9 sks dari dalam)

NOKODEMATA KULIAHSKS
1MA1101Matematika IA4
2FI1101Fisika Dasar IA4
3KI1101Kimia Dasar IA3
4KU1102Pengenalan Komputasi3
5KU1024Bahasa Inggris2
6KU1166Menggambar Teknik2
JUMLAH18
NOKODEMATA KULIAHSKS
1MA1201Matematika IIA4
2FI1201Fisika Dasar IIA4
3KI1201Kimia Dasar IIA3
4KU1001Olah Raga2
5KU1011Tata Tulis Karya Ilmiah2
6KU1202Pengantar Rekayasa Desain3
JUMLAH18
NOKODEMATA KULIAHSKS
1KL2100Analisis Rekayasa Dasar I3
2KL2101Mekanika Fluida3
3KL2102Statika3
4KL2103Statistika dan Probabilitas2
5KL2104Geoteknik Kelautan I2
6KL2105Bahan Bangunan Laut2
7KL2106Pengetahuan Fisik Laut2
8KU2061Agama dan Etika2
JUMLAH19
NOKODEMATA KULIAHSKS
1KL2200Analisis Rekayasa Dasar II3
2KL2201Mekanika Gelombang Air3
3KL2202Mekanika Bahan3
4KL2203Metode Numerik3
5KL2204Geoteknik Kelautan II2
6KU2071Pancasila & Kewarganegaraan2
JUMLAH16
NOKODEMATA KULIAHSKS
1KL3200Gelombang Acak3
2KL3201Dinamika Struktur3
3KL3202Struktur Baja3
4KL3203Proses Pantai3
5KL3204Metoda Eksperimen Laboratorium3
6KL3205Manajemen Konstruksi Bangunan Laut3
7Pilihan
JUMLAH18
NOKODEMATA KULIAHSKS
1KL4099Tugas Akhir4
2KL4210Perancangan Dermaga Pelabuhan3
3KL4220Pipa Bawah Laut2
4KL4221Struktur Terapung2
5Pilihan
JUMLAH11

Klik nama mata kuliah untuk melihat Silabus/Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Peta Jalan Mata Kuliah. Download