Kuliah Umum Teknik Kelautan Pertama – 10 September 2011

Sesuai yang telah direncanakan oleh panitia Kulum KL 2011, pelaksanaan Kulum KL 2011 sampai saat ini telah berlangsung 2 kali yaitu, pada tanggal 10 September dan 24 September.

Kulum KL 2011 pertama diadakan di ruang KL2, diikuti oleh kurang lebih 40 mahasiswa T. Kelautan dengan pembicara dari alumni-alumni T. Kelautan yaitu: M. Andy Zaky (ketua ALKA), Rikrik Gantina, Dwi Hariyo, Eddy Rachman dan Dikdik Dwikara.

Pada Kulum ini materi yang disampaikan oleh alumni, ditujukan lebih kepada mahasiswa KL angkatan 2010 yang belum terlalu mengenal bidang-bidang yang ada dalam Teknik Kelautan. Kulum diawali oleh paparan dari Eddy Rachman (KL95), mengenai Onshore Engineering yang terbagi dalam sub bidang Coastal Protection, Pelabuhan, dan Pengerukan dan Reklamasi. Dilanjutkan dengan paparan dari Dikdik Dwikara (KL05) tentang bidang Offshore Engineering dengan menunjukkan jenis-jenis struktur yang ada di lepas pantai. Dwi Hariyo Wibisono (KL00) selanjutnya memaparkan tentang bidang offshore pipeline engineering. Dan Rikrik Gantina (KL97) menjelaskan tentang floating structures khususnya fsru.

Selain materi yang terkait dengan bidang-bidang dalam Teknik Kelautan, disampaikan pula pengenalan terhadap ALKA (Alumni Teknik Kelautan) oleh M. Andy Zaky (KL98).

Pembicara pada Kulum KL 10 Sep 2011

Moderator Kulum dari KMKL

Ketua ALKA: M. Andy Zaky

Pertanyaan dari mahasiswa KL2010

Dikdik Dwikara dan Dwi Hariyo

Moderator dari KMKL, Rikrik Gantina, Dikdik Dwikara, Dwi Hariyo, M. Andy Zaky dan Eddy Rachman