Webinar Series #3 Teknik Kelautan November 2020: Tantangan Pengembangan PLTAL di Indonesia Timur

Webinar Series #3 Program Studi Teknik Kelautan ITB Oktober 2020 berjudul “Tantangan Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut (PLTAL) di Indonesia Timur” diadakan pada Kamis, 5 November 2020 sebagai salah satu topik bahasan Kuliah Umum Mata Kuliah KL4101 Etika Profesi dan Isu Kontemporer Bidang Teknik Kelautan. Pada kesempatan ini, Perekayasa Ahli Utama dari PTRIM BPPT Republik Indonesia, Dr. Ir. Erwandi, M.Eng., menjadi pembicara utama untuk membahas isu ini. Pembahasan isu PLTAL turut dibuka untuk seluruh civitas akademika ITB dan umum yang tertarik dan berminat untuk menambah wawasan seputar topik yang akan didiskusikan bersama narasumber.

Dalam diskusi ini, Bapak Erwandi menjelaskan bahwa potensi tenaga arus laut di Indonesia sangat besar, namun terdapat aspek-aspek penting dalam pengembangan PLTAL yang perlu dipertimbangkan, seperti aspek ekonomi, kondisi lapangan, dan regulasi yang ada. Sebagai studi kasus, Bapak Erwandi memaparkan kondisi objektif yang ditemui di Indonesia Timur. Kemudian, dituturkan pula teknologi PLTAL yang telah dikembangkan oleh PTRIM BPPT Republik Indonesia serta usulan teknologi yang dapat diterapkan untuk percepatan implementasi PLTAL. Pembahasan topik mengenai PLTAL ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang interaktif.

Webinar ketiga pada Kuliah Umum ini berjalan dengan lancar dan menambah wawasan profesi Teknik Kelautan untuk calon Sarjana Teknik Kelautan yang nantinya akan menjadi Engineer. Tidak berhenti di sini, Webinar Series akan kembali diadakan untuk membahas perkembangan isu terkini lainnya.

Video Webinar Series #3 Program Studi Teknik Kelautan ITB yang berjudul “Tantangan Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut (PLTAL) di Indonesia Timur” dapat disaksikan pada akun YouTube: Ocean Engineering ITB.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *