Data

Sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa Program Studi Sarjana Teknik Kelautan mengacu pada sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa ITB. Kebijakan tersebut tercantum di Peraturan Akademik dan Kemahasiswaan ITB (SK Rektor ITB No. 175/SK/I1.A/PP/2014). Setiap tahun, ITB merencanakan dan memutuskan proses penerimaan mahasiswa dengan berkoordinasi dengan masing–masing Fakultas/Sekolah untuk melakukan konfirmasi jumlah mahasiswa yang akan diterima dan tingkatan kualitas dari mahasiswa yang akan diterima. Seperti program sarjana lainnya di ITB, Program Studi Sarjana Teknik Kelautan terdiri dari dua tahapan, yaitu Tahapan Persiapan Bersama (TPB) dan Tahap Sarjana. Setelah menyelesaikan tahapan TPB dengan IPK tidak kurang dari 2.0, mahasiswa akan mengikuti proses seleksi untuk masuk ke program sarjana ke dalam salah satu Prodi yang berada di Fakultas/Sekolah. Grafik di bawah ini menyajikan jumlah mahasiswa yang masuk ke Program Studi Sarjana Teknik Kelautan setiap tahunnya, data yang tampil dimulai sejak Tahun Akademik 2011/2012 sampai 2016/2017.

Berikut merupakan tabel jumlah penerimaan mahasiswa untuk Program Studi Teknik Kelautan ITB

Grafik selanjutnya menunjukkan jumlah lulusan mahasiswa Program Studi Sarjana Teknik Kelautan per tahun, sejak Tahun 2010 hingga 2015.
Rata-rata lama waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan pertama adalah 2 bulan. Data ini diperoleh dari rata-rata hasil tracer study terhadap alumni alumni angkatan tahun 1994 sampai dengan 2010 sebanyak 276 responden yang dilakukan oleh Program Studi Sarjana Teknik Kelautan. Hasil selengkapnya ditunjukkan dalam gambar di bawah ini.

Penyebaran dilakukan melalui website, email, dan media sosial. Survei alumni yang dilakukan oleh Program Studi Sarjana Teknik Kelautan diselenggarakan secara berkala terkait dengan siklus akreditasi BAN dan akreditasi internasional dari lembaga Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) Inc., USA untuk periode 2011-2017.

Nilai persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahlian diperoleh dari hasil survey alumni. Seperti halnya survey mengenai waktu tunggu untuk memperoleh pekerjaan pertama, survey alumni ini dilakukan oleh Program Studi Sarjana Teknik Kelautan melalui mekanisme penyebaran kuisioner kepada alumni melalui media website, email, dan media social. Berdasarkan mekanisme tersebut behasil diperoleh hasil dari 276 responden dari alumni Angkatan 1994 hingga 2010. Rekapitulasi hasil kuisioner diperlihatkan pada gambar di bawah ini.

Dalam kuisioner terdapat 4 (empat) kategori kesesuaian, yakni sangat sesuai, sesuai, hampir sesuai, dan tidak sesuai. 3 kategori awal dari 4 kategori tersebut dikelompokkan sebagai kategori sesuai. Dengan demikian diiperoleh informasi bahwa alumni yang bekerja di bidang Teknik Kelautan mencapai 93%.

Orgy