Peran asuransi dalam dunia konstruksi dan engineering tidak dapat disepelekan. Demi menambah pengetahuan Mahasiswa, Program Studi Sarjana Teknik Kelautan ITB mengundang salah satu Alumni yaitu Bapak Yanuardy Rahmat Mohamad, S.T, M.Sc untuk memberikan materi pada kuliah tamu KL3205 Manajemen Konstruksi Bangunan Laut pada hari Rabu, 26 April 2017.

WhatsApp Image 2017-05-04 at 10.30.32 AM
Gambar 1.  Pembukaan dari Ibu Nita Yuanita

Dalam presentasinya, Bapak Yanuardy menyampaikan bahwa Manajemen Resiko (Risk Management) merupakan landasan dalam insurance suatu pekerjaan konstruksi. Proses risk management ini dilakukan untuk mengurangi potensi kerugian dengan mengidentifikasi dan mengatur bahaya yang akan muncul pada pekerjaan tertentu. Bapak Yanuardy juga menyampaikan bahwa proses ini terdiri dari risk identification, risk analysis dan risk control.

WhatsApp Image 2017-05-04 at 10.30.07 AMGambar 2. Presentasi oleh Bapak Yanuardy KL2009

Dalam konteks risk management tersebut, asuransi merupakan alternatif mekanisme pengalihan risiki, dimana perorangan atau badan usaha dapat mengalihkan sesuatu yang tidak pasti kepada pihak lain, dengan sejumlah premi yang relatif kecil dibandingkan dengan kemungkinan kerugian, ketidakpastian kerugian itu diahlihkan kepada asuransi. Dengan demikian, peran asuransi proyek atau pekerjaan di bidang Teknik Kelautan khususnya, sangat penting untuk dipahami.

Materi ini membuka pemahaman baru Mahasiswa Teknik Kelautan ITB yang akan terjun di dunia kerja, terutama yang bekerja pada bidang konstruksi dan engineering. Disamping itu, Mahasiswa juga mengenal prospek pekerjaan baru di bidang asuransi, khususnya asuransi teknik.

WhatsApp Image 2017-05-04 at 10.29.40 AMGambar 3. Suasana Mahasiswa saat Kuliah Tamu

Orgy