Pada hari Selasa – Rabu, 18 -19 April 2017, Sistem Pengendali Mutu (SPM) ITB menyelenggarakan Workshop Nasional Meraih Akreditasi Internasional (WNSMAI) di Trans Luxury Hotel, Bandung. Workshop ini diselenggarakan sebagai perwujudan tanggung jawab sosial ITB kepada masyarakat Pendidikan Tinggi di Indonesia untuk bersama-sama membangun pendidikan tinggi yang berkualitas internasional. Dalam hal ini, 25 program studi di ITB telah meraih akreditasi internasional, antara lain dari ABET, ASIIN, JABEE (Japan Accreditation Board for Engineering Education), KAAB (Korean Architecture Accrediting Board), RSC (Royal Society of Chemistry) dan ABEST21.

Acara yang dihadiri oleh 111 peserta dari berbagai kalangan civitas akademika perguruan tinggi ini dilaksanakan dalam sesi panel dan sesi paralel. Sesi panel membahas aspek kunci yang berlaku untuk seluruh lembaga akreditasi internasional dan perlu dipersiapkan di tingkat perguruan tinggi. Sesi panel membahas strategi dalam menyiapkan persyaratan akreditasi internasional sesuai lembaga akreditasi ABET, ASIIN dan AUN-QA.

WhatsApp Image 2017-05-04 at 2.55.31 PMGambar. Dokumentasi Pembukaan Acara

Salah satu dosen di Teknik Kelautan, Ibu Dr.eng. Paramashanti, ST,MT yang juga merupakan Ketua Tim Akreditasi Teknik Kelautan, memberikan materi mengenai persiapan menuju Akreditasi Internasional sebagai upaya suatu perguruan tinggi dan program studi untuk meningkatkan kinerja pendidikan secara sistematis agar memiliki sistem penjaminan mutu akademik yang diakui secara internasional. Dengan demikian lulusan diharapkan memiliki kualifikasi yang setara dengan yang ditetapkan oleh badan pemberi akreditasi.

WhatsApp Image 2017-05-04 at 2.55.39 PMGambar. Ibu Paramashanti saat menyampaikan materi workshop

Acara yang berlangsung selama 2 hari ini berjalan kondusif dan antusiasme peserta sangat tinggi. Dengen demikian, diharapkan tiap institusi dapat merencanakan persiapan akreditasi internasionalnya dengan lebih baik dengan tahapan kerja yang seksama.

WhatsApp Image 2017-05-04 at 2.55.47 PMGambar. Dokumentasi Ibu Paramashanti dalam WNSMAI

Orgy