Selain kegiatan perkuliahan, mahasiswa membutuhkan suatu wadah untuk mengembangkan pengetahuan akademis dan kemampuan berkerjasama. Wadah tersebut dapat ditemukan di ajang perlombaan antar mahasiswa. Salah satu jenis perlombaan yang dapat diikuti oleh mahasiswa dari jurusan Teknik Kelautan adalah Oil Rig Design Competition, di mana di dalam ajang ini, mahasiswa Teknik Kelautan diuji pengetahuan dan kemampuan intelektualnya di bidang offshore structure.

Banyak institusi-institusi yang menyelenggarakan Oil Rig Design Competition, seperti universitas, perusahaan, ikatan alumni universitas, dll. Sehingga banyak peluang bagi mahasiswa Teknik Kelautan untuk mengasah kemampuan akademisnya dan mengembangkan jiwa kompetitif. Salin mengasah kemampuan dan mengembangkan jiwa kompetitif, ajang perlombaan tersebut juga membuka wawasan mahasiswa tentang disiplin ilmu di luar Teknik Kelautan, seperti ilmu teknik perminyakan, teknik mesin. Dan keuntungan lainnya dalam mengikuti perlombaan antar universitas dan perusahaan ini adalah menambah link pertemanan dan hubungan sosial antar sesama mahasiswa dan pekerja professional. Jika ditarik kesimpulan, mengikuti perlombaan tentang Teknik Kelautan atau non Teknik Kelautan merupakan suatu kegiatan yang dapat memberi banyak manfaat dan keuntungan bagi mahasiswa.

Petroweek 2016 adalah acara yang diselenggarakan oleh SPE Trisakti University Student Chapter. Moto dari acara Petroweek 2016 adalah Empowering Youth; Bridging Gaps; Conquering The Inivitable dan tema yang dibawa oleh kegiatan ini adalah tentang Human, Energy and Technology. Selain International Oil Rig Design Competition, acara ini juga menyelenggarakan International Petrosmart Competition, International Student Paper Competition dan Internation Energy Conference.

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 15 September 2016 – 17 September ini membutuhkan ketekunan dalam menjalani setiap tahapannya. Berikut merupakan ulasan Mahasiswa yang bersangkutan mengenai proses yang dijalani dari awal hingga akhir:

  1. Pembentukan Tim
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah membentuk tim untuk diikutsertakan dalam lomba. Tim saya bernama Marex Team yang beranggotakan:
  • Kevin Tamara – Teknik Perminyakan 2013
  • Emirsaid Sadikin – Teknik Perminyakan 2013
  • Resha Dirga – Teknik Perminyakan 2013
  • Natania Josephine Hutagalung – Teknik Kelautan 2013
  • Samuel Rahardian – Teknik Mesin 2013
  1. Pembuatan Proposal Lomba
    Proses selanjutnya yang dilakukan untuk Oil Rig Design Competition adalah pembuatan proposal oil rig dari masing-masing tim.  Proposal terdiri dari spesifikasi strruktur oil rig, material oil rig, drilling system, power system, hoisting system, safety feature dan rig model dan budget. Di dalam proposal ini, kita menjelaskan kelebihan-kelebihan dari desain oil rig kita.

    t4

    Gambar 1. Proposal Marex Mark II

  1. Pendaftaran Lomba
    Pedaftaran lomba dilakukan via transfer melalui bank dengan biaya Rp. 1.500.000,00 / team. Dalam proses pendaftaran juga dilakukan pengiriman proposal oil rig dari masing-masing tim.
  1. Pengumuman Finalis
    Jumlah tim yang berhak maju ke tahap final adalah 10 tim.
  1. Pembuatan Model Rig
    Model Rig harus dibawa dan ditampil di babak final, maka dari itu pembuatan rig harus dilakukan sebelum lomba dilaksanakan. Untuk Model Rig Marex Team, pembuatan dilakukan ± 2 Minggu.

    t3

    Gambar 2. Pembuatan Model Rig

  1. Pembuatan Presentasi
    Di tahap final akan dilakukan presentasi tentang desain oil rig dari masing-masing team, maka dilakukan pembuatan presentasi.
  1. Tahap Lomba
  • Presentasi: Presentasi dilakukan selama 10 menit menggunakan bahasa Inggris
  • Sesi Tanya Jawab: Sesi tanya jawab dilakukan selama 10 menit oleh 3 juri lomba
  • Float Test dan Load Test: Float Test dan Load Test diujikan pada struktur. Load Test dilakukan dengan menaruh barbel pada model rig di atas lantai dan float test dilakukan dengan menaruh barbel pada model rig di dalam kolam plastic.

    t1

    Gambar 3. Dokumentasi Tim saat lomba

  1. Gala Dinner
    Gala Dinner dilakukan di Hotel Borobudur, Jakarta. Acara puncak dari Gala Dinner adalah pengumuman pemenang lomba.
  2. Hasil Lomba
    Hasil dari Petroweek 2016 adalah Marex Team mendapatkan Juara 1 di International Oil Rig Design Competition.
t5

Gambar 4. Marex Team

Petroweek Internation Oil Rig Design Competition memberikan banyak pengalaman dan memori yang menyenangkan bagi saya, Karena kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama proses sebelum perlombaan merupakan kegiatan yang memberikan banyak pembelajaran yang baik dan pengalaman yang menyenangkan. Saya berharap di kesempatan berikutnya, saya dapat mengikuti oil rig design competition seperti ini lagi dan saya berharap mahasiswa Teknik Kelautan yang lain juga memiliki ambisi untuk mengikuti perlombaan-perlombaan di tingkat mahasiswa.

Orgy