Salah satu Mahasiswa Teknik Kelautan ITB angkatan 2013, Ignatius Dimas Carmelitto Listantyo, menjadi Juara 1 dalam perlombaan ELESIUM International Oil Rig Design Competition. Acara diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 2016 – 30 Oktober 2016 ini diselenggarakan di Universitas Trisakti, Jakarta. Berikut merupakan cerita dari Mahasiswa yangbersangkutan mengenai acara dan proses yang dijalani:

Petroweek 2016 adalah acara yang diselenggarakan oleh SPE University of Indonesia Student Chapter. Moto dari acara Petroweek 2016 adalah “Exploring Oil and Gas Role in Future’s Energy Industry” Selain International Oil Rig Design Competition, acara ini juga menyelenggarakan Smart Competition, Study Case dan Forum Discussion.

Proses kegiatan yang saya lalui ialah sebagai berikut:

  1. Pembentukan Tim
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah membentuk tim untuk diikutsertakan dalam lomba. Tim saya bernama Marex Team yang beranggotakan:
  • G Pramana Suwidya Putra – Teknik Perminyakan 2013
  • Hanif Nur Alif– Teknik Perminyakan 2013
  • Ignatius Dimas Carmelitto Listantyo – Teknik Kelautan 2013
  • Debora Ulibasa Lubis – Arsitektur 2013
  1. Pembuatan Proposal Lomba
    Proses selanjutnya yang dilakukan untuk Oil Rig Design Competition adalah pembuatan proposal oil rig dari masing-masing tim.  Proposal terdiri dari spesifikasi strruktur oil rig, material oil rig, drilling system, power system, hoisting system, safety feature dan rig model dan budget. Di dalam proposal ini, kita menjelaskan kelebihan-kelebihan dari desain oil rig kita.

d5

Contoh isi dalam proposal

  1. Pendaftaran Lomba
    Pedaftaran lomba dilakukan via transfer melalui bank dengan biaya Rp. 1.400.000,00 / team. Dalam proses pendaftaran juga dilakukan pengiriman proposal oil rig dari masing-masing tim.
  1. Pengumuman Finalis
    Jumlah tim yang berhak maju ke tahap final adalah 8 tim. Termasuk tim kami didalamnya.
  1. Pembuatan Model Rig
    Model Rig harus dibawa dan ditampil di babak final, maka dari itu pembuatan rig harus dilakukan sebelum lomba dilaksanakan. Untuk Model Rig Janger Team, pembuatan dilakukan ± 2 Minggu.

 

d4

Pembuatan Model Rig

  1. Pembuatan Presentasi
    Di tahap final akan dilakukan presentasi tentang desain oil rig dari masing-masing team, maka dilakukan pembuatan presentasi.
  1. Tahap Lomba
  • Presentasi: Presentasi dilakukan selama 10 menit menggunakan bahasa Inggris
  • Sesi Tanya Jawab: Sesi tanya jawab dilakukan selama 15 menit oleh 3 juri lomba
  • Float Test dan Load Test: Float Test dan Load Test diujikan pada struktur. Load Test dilakukan dengan menaruh barbel pada model rig di atas lantai dan float test dilakukan dengan menaruh barbel pada model rig di dalam kolam plastic.

d3

Marex Team di Hari Perlombaan

  1. Gala Dinner
    Gala Dinner dilakukan di Aston Priority, Jakarta. Acara puncak dari Gala Dinner adalah pengumuman pemenang lomba.
  2. Hasil Kegiatan
    Hasil dari ELESIUM 2016 adalah Janger Team mendapatkan Juara 1 di International Oil Rig Design Competition.

 

d2

Janger Team

d1

Dokumentasi Setelah Pengumuman Juara Oil Rig Design Competition

ELESIUM International Oil Rig Design Competition memberikan banyak pengalaman dan memori yang menyenangkan bagi saya, Karena kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama proses sebelum perlombaan merupakan kegiatan yang memberikan banyak pembelajaran yang baik dan pengalaman yang menyenangkan. Saya berharap di kesempatan berikutnya, saya dapat mengikuti oil rig design competition seperti ini lagi dan saya berharap mahasiswa Teknik Kelautan yang lain juga memiliki ambisi untuk mengikuti perlombaan-perlombaan di tingkat mahasiswa.