Kuliah Lapangan KL 3103 Pengumpulan dan Analisa Data Lapangan di Ancol, Jakarta Utara

oleh | Des 28, 2015 | Berita, Kegiatan Mahasiswa

Pada akhir perkuliahan KL 3103 Pengumpulan dan Analisa Data Lapangan, Semester I-2015/2016  yaitu pada Rabu, 23 Desember 2015 telah dilakukan Kuliah Lapangan yang merupakan latihan keterampilan yang merupakan rangkuman dari keseluruhan materi yang diberikan selama 14 minggu. Latihan keterampilan tersebut berupa pengenalan-pengenalan tentang penentuan posisi, pengukuran sudut horizontal dan vertikal, pengukuran garis pantai, pengamatan pasang surut (pasut) dan arus serta pengenalan cara pengukuran batimetri (pemeruman/sounding).

Mahasiswa yang mengambil mata kuliah KL 3103 Pengumpulan dan Analisa Data Lapangan yang hampir semuanya adalah angkatan 2013 (79 mahasiswa) dipimpin oleh Dr. Hendra Achiari dan Ahmad M Firdaus, MT sebagai dosen pengajar dan 2 asisten dan dibagi dalam 4 kelompok sesuai dengan topik latihan keterampilan di atas.

Latihan keterampilan ini dapat dilaksanakan berkat kerjasama antara PUSDIKHIDROS TNI-AL dengan Program Studi Teknik Kelautan-ITB. Pada kesempatan tersebut, Komandan PUSDIKHIDROS TNI-AL, Kolonel Laut (P) Nunung Suhartono dan Wakil Dekan Bidang Akademik FTSL-ITB, Irsan Soemantri Brodjonegoro, Ph.D memberikan arahan singkat sebelum kuliah lapangan dilaksanakan pada Rabu, 23 Desember 2015.

kulap padl1

Peserta kuliah lapangan

kulap padl2

Persiapan upacara pembukaan kegiatan kuliah lapangan

kulap padl3

Perhitungan pasang surut

kulap padl4

Pemberian plakat apresiasi oleh Ahmad M Firdaus, MT kepada PUSDIKHIDROS TNI-AL