Tim Mahasiswa S1 Teknik Kelautan Memenangkan Marine Innovation and Technology Competition (MITC) 2012

oleh | Mei 25, 2012 | Berita, Kegiatan Mahasiswa, Penghargaan dan Prestasi

Tim Mahasiswa Teknik Kelautan ITB meraih juara I dalam lomba Marine Innovation and Technology Competition (MITC) 2012 dengan tema “Green Technology for Better Maritime” di ITS, Surabaya. Lomba ini merupakan rangkaian acara Symphony FTK yang diadakan oleh BEM FakultasTeknik Kelautan (FTK) – ITS berskala nasional. Dari 8 Finalis yang dinyatakan lolos dan mempresentasikan prototipe karyanya, 2 tim merupakan perwakilan dari Prodi Teknik Kelautan-ITB angkatan 2010. Mereka adalah Mochammad Imron, Venny Sartika, dan Pricillia Lumbantoruan (Tim 1) serta Erlangga Putra, Gelfi Mustarakh, dan Muhammad Iqbal (Tim 2).

Kedua tim ITB ini menawarkan inovasi pembangkit listrik tenaga gelombang. Tim 1 yang dipimpin oleh Imron menampilkan inovasi dual sistem dari pembangkit listrik tenaga gelombang sistem OWC (Oscillating Water Column). Sedangkan Tim 2 menampilkan inovasi pembangkit listrik tenaga gelombang yang diberi nama Odong-Odong Laut. “PLTGL kita ini sebenarnya terinspirasi dari gerakan mengangguk Salter Duck, generasi awal teknologi PLTGL, untuk kemudian diubah menjadi daya listrik. Gerakan mengangguk ini biasa disebut bobbing up and down persis seperti Odong-Odong. Dalam kondisi maksimumnya, model ini mampu menghasilkan sekitar 8 volt listrik.” menurut Erlangga sebagai ketua tim 2.

Lomba yang diadakan pada tanggal 18-20 mei 2012 di ruangan BG Munaf FTK-ITS tersebut ditutup pada hari minggunya dengan membuahkan hasil Juara I Odong-Odong Laut; Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut (PLTGL) dari ITB, Juara II Electrical Energy of Algae dari ITS, dan Juara III Ecofistech dari Universitas Brawijaya. Tim 1 hanya berselisih sedikit poin sehingga harus puas berada di posisi ke empat.

Juara I Odong-Odong Laut

Juara I dan Juara IV dari Teknik Kelautan-ITB

Orgy