Tim Mahasiswa S1 Teknik Kelautan Memenangkan Prototype Terfavorit pada Lomba Karya Cipta Maritim Nasional (LOKARINA) 2012 SAMPAN 6

oleh | Apr 3, 2012 | Berita, Kegiatan Mahasiswa, Penghargaan dan Prestasi

Prototip Remotely Operated Vehicle (ROV) yang nantinya akan berguna untuk mendeteksi kebocoran pipa bawah laut, karya tim mahasiswa Program Studi Teknik Kelautan Institut Teknologi Bandung angkatan 2010 yang terdiri dari Mochammad Imron, Muhammad Ikhsan Dwianto dan Bisma Alfian, dinobatkan sebagai juara prototype terfavorit Lomba Karya Cipta Maritim Nasional (Lokarina) 2012 Sampan 6 ITS yang diadakan di Gedung Nasdec, Institut Teknologi Sepuluh November pada hari Jumat-Sabtu, 30-31 Maret 2012.

ROV yang dibuat mahasiswa Teknik Kelautan ITB kali ini dilengkapi dengan 4 sistem ballast yang berguna untuk keseimbangan pada ROV. Selain berguna dalam hal kesetimbangan ballast ini dapat digunakan untuk jumlah volume pelampung yang digunakan saat pergantian peralatan. Selain ROV dilengkapi dengan system ballast, ROV ini juga dilengkapi dengan system manuver yang sangat dinamis. Dengan menggunakan 8 dinamo yang dapat bergerak 2 arah, ROV ini memiliki lebih dari 6 macam gerak. Banyaknya macam gerak ini sangat berguna dalam penulusuran kebocoran pipa bawah laut kelak.

Pemenang kontes yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan – ITS mendapat hadiah uang sebesar Rp 500 ribu. Kontes yang berlangsung 30-31 Maret 2012 di Gedung Nasdec ITS itu meloloskan 20 finalis. Sebanyak 8 tim berasal dari ITS, 1 kelompok dari ITB, 1 tim asal UGM, 1 tim dari Universitas Indonesia, 1 Tim dari IPB, 3 dari Universitas Brawijaya,3 Tim dari UNDIP dan 2 tim dari UNY. Dewan juri terdiri dari dosen Institut Teknologi Sepuluh November sebagai tuan rumah.