Kuliah Umum Teknik Kelautan Kedua: 24 September 2011

oleh | Sep 30, 2011 | Alumni, Himpunan, Kuliah Umum

Kuliah Umum (Kulum) KL rutin tahun 2011 yang kedua, diadakan pada Sabtu 24 September 2011 di ruang KL-2, Gd TP Rachmat Lantai IV, pukul 10-12 siang. Kulum KL ke 2 ini, diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari mahasiswa T. Kelautan, alumni dan juga mahasiswa TPB FTSL angkatan2011. Pembicara pada Kulum ini adalah Rikrik Gantina, alumni T. Kelautan angkatan 1997.

Rikrik Gantina saat ini bekerja di PT. Perusahaan Gas Negara (PT PGN) sebagai pipeline engineer. Setelah lulus dari Teknik Kelautan pada tahun 2001, sempat melanjutkan studi di bidang Offshore Engineering di TU Delft, Belanda sebelum akhirnya kembali bekerja di PT. PGN.

Pada Kulum KL ini, Rikrik menyampaikan materi mengenai Introduction to Offshore Pipeline Engineering yang bertujuan memberikan gambaran singkat tentang bidang kerja offshore pipeline engineering. Paparan dimulai dari pembahasan tentang proses desain pipa bawah laut yang dilanjutkan dengan proses instalasinya (S-lay, J-lay, Reeling, Towing).

Pada sesi tanya jawab, terdapat 6 pertanyaan dari peserta yang hadir yang dilanjutkan dengan diskusi dari masing-masing pertanyaan.

Rikrik Gantina dan moderator dari KMKL

Peserta Kulum KL kedua di ruang KL-2

Sesi Tanya Jawab

Penjelasan dari Rikrik Gantina mengenai Offshore Pipeline Engineering